Senin, 02 April 2012

modul animation


ANIMATION

Animation adalah: illusion of motion yang di buat dari image statis yang di tampilkan secara berurutan. Pada vidio atau film, animasi merancu pada teknik dimana setiap frame dalam film dibuat secara terpisah. Frame bisa di hasilkan dari komputer, dari fotografi atau dari gambar lukisan. Ketika frame2 tersebut digabungkan maka terdapat ilusi perubahan gambar sesuai dengan teori yang disebut dengan :persistance of vision.
Jenis-jenis animasi
1.       Animasi cel
·         Kata sel berasal dari kata “celluloid” yang merupakan materi yang di gunakan untuk membuat film gambar bergerak pada tahun-tahun awal animasi
·         Sekarang material film di buat dari asetat (acetate).
·         Biasanya digambar dengan menggunakan tangan  (hand-drawn animation)
·         Animasi cel biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal. Masing-masing sel merupakan bagian yang terpisah, misalnya antara obyek dengan latar belakangnya, sehingga dapat saling bergerak mandiri.
·         Misalnya seorang animator akan membuat animasi orang berjalan, maka langkah pertama dia akan menggambar, latar belakang, kemudian karakter yang akan berjalan dilembar berikutnya, kemudian membuat lembaran yang berisi karakter ketika  kaki di angkat, dan akhirnya karakter ketika  kaki  dilangkahkan.
·         Animasi cel di sebut juga animasi tradisional  dimana terdapat  beberapa langkah pembuatannya:
1.       Menyiapkan ide/ storyboard (script)
Script/ide disiapkan berupa gambar yang berupa sketsa dan tulisan yang di serahkan ke derector animasi.
2.       Voice Recording
Mempersiapkan segala musik, soundtrack, soundefek, dan suara karakter animasi yang d buat.
3.       Animatics (story reel)
Biasanya di buat setelah soundtrack selesai dibuat sebelum seluruh animation  selesai dikerjakan . berisi gambar-gambar terjadi dan storyboard yang sesuai dengan adegan gambar
4.       Design and timing
Setelah animatics selesai disetujui, maka animatics akan dijelaskan di bagi design departement. Biasanya melibatkan character designers, background, stylist, art director, color stylist, dan timing director.



Computer based animation
1.       Input proses
2.       Composition stage
3.       In between proses
4.       Pengubahan warna (clut-color-look up table)
Bahan animasi
1.       Linier-list natotation
(ditulis dengan sebuah awal dari akhir No Frame. Dan sebuah aksi yang akan dilakukan pada suatu kordinat ttt. Korrdinat 42,53,B Rotate “ Palm” 1,30 artinya:
·         Antara frame 42.53 rotate obyek yang bernama palm pada kordinat X=1 pada sudut 30 derajat dengan menggunakan tabel dari B.
Contoh: program SCEFO (Scene Format
2.       General purpupose Tanguage
Dilakukan dengan menempelkan animasi pada bahasa pemograman biasa. Nilai variabel di jadikan sebagai parameter untuk prosedur untuk membuat animasi.
Contoh: ASAS -> bahasa yang dibuat dengan menggunakan LIPS
3.       Graphical language adalah:
Bahasa visual yang mampu memvisualisasikan aksi dari perintah-perintah untuk membangun animasi.
Contoh: GENESYS,DAIL,dan S-Dynamics System.

METODE UNTUK MENGONTROL ANIMASI
1.       Full Explicit Control
Animasi mengantur seluruh control animasi dengan segala perintah-perintah yang akan di lakukan dalam animasi bahkan untuk data-data seperti interpolasi dan rotasi yang dilakukan secara Exsplisit atau berdasarkan inputan dari mouse, keyboard, atau joystick.
2.       Procedural Control
Berdasarkan komunikasi antar obyek untuk mendapat kan propertynya. Control yang terjadi adalah control antara suatu obyek dengan obyek  yang lain. Misalnya, suatu obyek bola tidak boleh melewati obyek dinding.
3.       Constraint-based system
Pengontrolan terjadi karena pengaruh obyek lain, diman obyek tersebut berinteraksi.
4.       Tracking Live Action
Pengontrolan terjadi berdasarkan kenyataan yang ada sesuai dengan dunia nyata
5.       Kinematcs and Dinamics
Kinematis berdasarkan posisi dan kecepatan dari point
TRANSMISI  ANIMASI
1.       Symbolic Representation
Obyek animasi (misal bola) direpresentasikan bersama dengan perintah operasinya (bola di gelindingkan), kemudian di sisi penerima baru di tampilkan. Ukuran file lebih kecil tetapi waktu untuk mendispay lebih cepat karena harus ada scan-converting terlebih dahulu di sisi penerima.
2.       Pixmap Representation
Pixmap di transmisikan semua dan ditampilkan di sisi penerima waktu transmisi lebih lama, namun waktu mendisplay lebih cepat.

Anime
Ø  Animasi buatan Jepang. Anime biasanya menggunakan tokoh-tokoh karakter dan background yang digambar menggunakan tangan dan sedikit bantuan komputer.
Ø  Cerita anime biasanya bermacam jenis (adventure, science fiction, children,romance, medieval fantasy, erotica/hentai, horror,action,dan drama). Memiliki banyak tokoh cerita, dan ada yang di bukukan dalam bentuk komok (atau disebut manga) dan disiarkan ditelevisi dan vidio, bahkan ada yang dibuat game-nya.

0 komentar:

Posting Komentar